Proses SKK Kontruksi 1 HARI TERBIT setelah ujian, SBU Jasa Konstruksi 7 HARI TERBIT, ISO 37001 Anti Penyapan 14 HARI TERBIT, IUJP 1 BULAN TERBIT, Bikin PT cuma 4 HARI langsung bisa transaksi..... silakan proses disini TELP. 021-3885-9029

Pembinaan Tenaga Ahli Konstruksi Tetap Berjalan Normal ditengah Covid-19

Diterbitkan pada Hari Selasa, 16 Juni 2020

Pembinaan Tenaga Ahli Konstruksi Tetap Berjalan Normal ditengah Covid-19

JAKARTA - Di tengah merebaknya pandemi Virus Corona (COVID-19) saat ini, Bapak Presiden Joko Widodo mengajk kita semua untuk bekerja (work), belajar (study) dan beribadah (pray) dari rumah (from home). Sebagaimana arahan Bapak Presiden tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia bidang konstruksi secara online atau dalam jejaring/daring. Hal ini dilakukan sebagaimana arahan Bapak Menteri PUPR melalui Surat Edaran Menteri PUPR No.06/SE/M/2020 tentang Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta arahan pimpinan lainnya melalui Surat Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR No.UM.0501-Sj/285 tentang Pelaksanaan PSBB Pegawai Kementerian PUPR dan Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Konstruksi No.169/SE/DK/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Ditjen Bina Konstruksi.

“Saat ini pembinaan SDM bidang Konstruksi tetap berjalan normal hanya proses teknis nya saja berbeda dari pada biasanya, yaitu secara online. Layanan kepada masyarakat tetap dilaksanakan sebagaimana tugas dan fungsi yang diemban dengan memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 yaitu penerapan social distancing dan physcal distancing agar tetap terjaga” ujar Dirjen Bina Konstruksi Trisasongko Widianto. Dalam menjalankan amanat tersebut, Direktorat Jenderal Bina Konstruksi melalui Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (BPTK) yang juga merupakan bagian dari Tim Building Information Modelling (BIM) Kementerian PUPR, melakukan kolaborasi penyelenggaraan capacity building bidang BIM melalui webinar dan pelatihan online secara GRATIS kepada masyarakat jasa konstruksi di Indonesia.

Kepala BPTK Cakra Nagara menegaskan kembali bahwa selama pandemi COVID-19, BPTK berkomitmen penuh untuk tetap memberikan pelayanan terbaik untuk publik sesuai arahan Pimpinan Kementerian PUPR, diantaranya dengan penyelenggaraan webinar dan pelatihan online BIM dengan berkolaborasi bersama mitra-mitra strategis. Kolaborasi ini tentunya melibatkan mitra-mitra strategis yang mempunyai Visi yang sama untuk mewujudkan Indonesia Maju dengan mencetak SDM Konstruksi yang unggul di bidang penerapan teknologi BIM. Selanjutnya ia juga menjelaskan mengenai teknologi perancangan yang saat ini berkembang pesat di era revolusi industri 4.0 adalah teknologi BIM. BIM adalah suatu metode dimana kita bisa melakukan dokumentasi dan integrasi antar data bersama stakeholder proyek, sehingga tidak terjadi suatu dispute, untuk kemudian divisualisasikan kedalam pemodelan bangunan secara 3D, 4D, 5D, 6D sampai dengan 7D. BIM sangat bermanfaat untuk seluruh stakeholder jasa konstruksi, utamanya pemilik proyek, dalam hal keberlanjutan pengarsipan data as built drawing. Arsip digital dari seluruh bangunan yang dimiliki nantinya akan bermanfaat pula untuk operasional dan pemeliharaan, hingga proses pembongkaran.

Kolaborasi penyelenggaraan webinar dan pelatihan software BIM selama periode 03 April hingga 19 Mei 2020, dilakukan antara lain dengan PT. Glodon Technical Indonesia (Cubicost), Trimble Solutions Indonesia (Tekla), PT. Applicad Indonesia (ArchiCAD), PT. Cipta Sarana Informatika sebagai Gold Partner Autodesk (Revit Architecture) dan PT. Delta Sigma Nusantara sebagai Bentley Channel Partner (Bentley). Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan software BIM kepada masyarakat melalui pemberian informasi maupun simulasi mengenai penggunaan software-software yang mendukung implementasi metode BIM. Program ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan kepada masyarakat untuk menggunakan software BIM sesuai kebutuhan pekerjaan konstruksi masing-masing. Pelaksanaan webinar dan pelatihan online software BIM ini telah menyedot ribuan peserta dari seluruh Indonesia bahkan hingga ke pelosok Nusantara.

Kolaborasi tidak kalah menarik lainnya yaitu penyelenggaraan webinar implementasi metode BIM di proyek konstruksi selama periode 11 s.d. 20 Mei 2020 yang dilakukan bekerja sama dengan PT. Brantas Abipraya (Persero), PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, PT. PP (Persero) Tbk, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. Topic webinarnya berkaitan denga proyek bangunan gedung Negara termasuk Rumah Sakit untuk korban COVID-19, jalan tol, bendungan, jalan rel untuk LRT dan kereta cepat Jakarta-Bandung serta yang berkaitan dengan Green BIM seperti bangunan hijau. Sesi webinar bersama kontraktor BUMN ini ditujukan agar para peserta dapat bisa lebih baik memahami bagaimana proses BIM dapat diterapkan di proyek konstruksi. Sehingga wajar, webinar bertemakan penerapan BIM di proyek konstruksi ini telah menarik ribuan peserta dari seluruh Indonesia.


Reposted by : Salma. 16 Juni 2020