Dapatkan Informasi Lengkap seputar
IZIN DASAR & IZIN OPERASIONAL
Anda di sini !

Selasa 11 Mei 2021 : Proyek Perencanaan Pemeliharaan Fender Dermaga di UPT PPP Tamperan dengan konsultan perencana CV SINERGI REKA UTAMA * Proyek Belanja Pekerjaan Perencanaan Pemeliharaan / Perbaikan Gedung Trauma dengan konsultan CV. KARYA TUJU SATU * Proyek JL5 Konsultan Perencana Pembangunan/Rehabilitasi Jalan Lingkungan dengan konsultan perencana JETRI FORTUNA JAYA * Proyek Perencanaan Peningkatan Jalan Rigangan - Ulak Agung dengan konsultan perencana CV. LENTERA BESEMAH CONSULTANT * Proyek JL2 Konsultan Perencana Pembangunan/Rehabilitasi Jalan Lingkungan dengan konsultan perencana CV. Prima Kreasi Arsindo Consultant * | Semua tender proyek ini dapat dilihat oleh para member TENDER INDONESIA dalam fasilitas hanya bagi member, dan untuk perizinan LAYAK IKUT TENDER hubungi : 021-21240890

Reformasi Perizinan Bidang Jasa Konstruksi

Di awal tahun 2021 ini, adalah awal reformasi perizinan bidang jasa konstruksi. Reformasi ini menghilangkan Izin Usaha Jasa Konstruksi dari penerbitan yang biasanya dilakukan oleh OSS - Online Single Submission.

Hal ini berdasarkan PP No. 5 Tahun 2021, Tentang Perizinan Berusaha Berbasis Resiko pada bagian Kesembilan Sektor Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat mulai dari pasal 80 sd 104.

Dan mengacu juga pada PP No. 14 Tahun 2021, Tentang Perubahan PP No. 22 Tahun 2020.

 

Apa yang berubah pada PERIZINAN KONSTRUKSI REFORMASI?

  • Istilah Sertifikasi 

  • Kualifikasi Perusahaan & Penetapannya

  • Klasifikasi Usaha 

  • Sertifikat Tenaga Kerja 

  • Penerbitan Sertifikat

 

ISTILAH Sertifikasi Perizinan Konstruksi REFORMASI

  • SKK KONSTRUKSI, yaitu Sertifikat Kompetensi Kerja (sebelumnya SKA /SKT - Sertifikat Keahlian / Keterampilan)
  • LSP Konstruksi & LSBU Konstruksi, yaitu Lembaga Sertifikat Profesi & Lembaga Sertifikat Badan Usaha 
  • PJBU, PJTBU & PJSKBU, yaitu Penanggung Jawab Badan Usaha, Penanggung Jawab Teknik Badan Usaha & Penanggung Jawab Sbu Klasifikasi Badan Usaha
  • SIT, yaitu Sistem Informasi Terintegrasi 

 

Tahapan KUALIFIKASI berdasarkan Jenis Kegiatan Usahanya 

  • Jasa Konsultansi Konstruksi Umum (Kecil, Menengah, Besar, BUJKA)
  • Jasa Konstruksi Umum (Kecil, Menengah, Besar, BUJKA)
  • Jasa Konstruksi Terintegrasi (Besar, BUJKA)

 

 

Jenis Kegiatan Usaha Jasa Konstruksi REFORMASI

1 Usaha Jasa Konsultansi Konstruksi Umum
2 Usaha Jasa Konsultansi Konstruksi Spesialis
3 Usaha Jasa Konstruksi Umum
4 Usaha Jasa Konstruksi Spesialis
5 Usaha Jasa Konstruksi Terintegrasi 

 

 

 


Dibawah ini adalah penjelasan tentang IUJK sebelum Reformasi 

IUJK wajib dimiliki oleh seluruh pelaku usaha jasa konstruksi di Indonesia. Laksana SIM nya para Kontraktor, maka dengan IUJK proyek anda baru bisa dijalankan, dan berlaku untuk proyek swasta maupun pemerintah.

Ini dasar hukumnya UU RI No. 2 Tahun 2017 tentang "Jasa Konstruksi"

 

IUJK diberikan pada 3 jenis perusahaan : 

 

Jasa Pelaksana Konstruksi (Kontraktor)KONTRAKTOR

Mencakup bidang : Bangunan Gedung, Sipil, Mekanikal, Elektrikal, Pelaksana Lainnya, Pelaksana Spesialis, Pelaksana Keterampilan. Klik detail

 


Jasa Perencana Pengawas Konstruksi (Konsultan)KONSULTAN 

Perencana Arsitektur, Rekayasa, Penataan Ruang, Pengawasan Arsitektur, Rekayasa, Konsultasi Spesialis, Konsultasi Lainnya. Klik detail

 


Jasa Konstruksi Terintegrasi (EPC)TERINTEGRASI / EPC

Jasa Terintegrasi untuk Infrastruktur Transportasi,  Konstruksi Prasarana & Sarana SDA, Konstruksi Manufaktur, Konstruksi Fasilitas MIGAS,  Konstruksi Bangunan Gedung. Klik detail

 


3 (tiga) Jenis Usaha Jasa Konstruksi ini, yaitu Kontraktor, Konsultan dan EPC ini boleh dilakukan oleh Perusahaan dengan bentuk :

  • BUJKN - Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional, atau
  • BUJK PMA - Badan Usaha Jasa Konstruksi Penanaman Modal Asing, atau
  • BUJKA - Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing

 

Registrasi IUJK melalui OSS 

Kini, untuk mendapatkan kelengkapan Izin Usaha cukup aktivasi online melalui  OSS - Online Singgle Submission.

Dan untuk memenuhi persyaratan online tersebut, tentu anda wajib memenuhi persyaratan legalitas dan administrasi yang dibutuhkan. IUJK yang dikeluarkan oleh OSS masih harus divalidasi agar bisa efektif 

Konsultasikan saja disini !

 

Pengalaman kami dalam membantu Kontraktor sudah ratusan jumlahnya 


 

KENDALA TERBESAR Registrasi IUJK

Belum validasi, Konversi KBLI yang tidak sesuai, pemilihan kode Sub Klasifikasi,  penentuan Kualifikasi, masalah merger *untuk PT PMA, masalah Tenaga Ahli, kepemilikan peralatan, Sistem Manajemen perusahaan, perpajakan dll. Semua itu masuk pada layanan kami untuk anda, hingga IUJK anda terbit & sesuai peraturan perundang-undang TERKINI.

 

3 (tiga) langkah Registrasi & Sertifikasi Izin Usaha Jasa Konstruksi

 

  1. Melakukan proses Sertifikasi Tenaga Ahli  Akreditasi LPJK, yaitu SKT & SKA . *info lengkap klik tabel hijau

SKT - Sertifikat Keterampilan

SKA - Sertifkat Keahlian

2. Registrasi Keanggotaan Asosiasi Perusahaan Kontraktor *info lengkap klik tabel hijau

KTA Asosiasi

3. Proses SBU - Sertifikat Badan Usaha *info lengkap klik tabel hijau

SBU - Sertifikat Badan Usaha

Klik disini info Cara Proses Sertifikasi ISO, Training Ketenagalistrikan dll.


 

KLASIFIKASI Jasa Konstruksi

Banyak klien kami yang salah Klasifikasi & Sub Klasifikasi saat akan tender, padahal waktu submit dokumen tender sudah sangat limit. Hal ini dikarenakan perusahaan memilih Sub Klasifikasi tidak sesuai dengan bidang yang dikerjakan dilapangan.

Pemilihan Kode Sub Klasifikasi ada ketentuannya masing-masing untuk tiap-tiap jenis usaha jasa konstruksi, dan ini harus Update regulasi. 

Pekerjaan konstruksi yang ada di lapangan tentu sangat bermacam-macam pekerjaannya, untuk itu pahami detail pekerjaan Anda dan sesuaikan bidang dan sub-bidang atau kualifikasi usaha jasa konstruksi berdasarkan tabel di bawah ini

Tabel Klasifikasi Jasa Konstruksi


 

KUALIFIKASI Jasa Konstruksi

Kualifikasi adalah TINGKAT kemampuan perusahaan menjalankan pekerjaan yang dilihat dari jumlah modal disetor dalam AKTA, kemampuan keuangan dalam Neraca, dan pengalaman pekerjaan konstruksi. 

Masuk Kualfikasi berapa perusahaan Anda, silakan cek disini infonya !

Kualifikasi Jasa Konstruksi


 

 IZIN LENGKAP, PROYEK DAPAT

Melalui jasa kami, semua akan terarah dan CEPAT tentunya, dan yang terpenting adalah dokumen perusahaan anda memenuhi peraturan & perundang-undangan yang berlaku hingga layak untuk ikut tender proyek diberbagai sektor, dan kami punya info proyeknya !! 

Konsultasi dapat dilakukan secara ONLINE Live Chat maupun jumpa langsung di kantor kami atau kantor anda.

 

HOW WE HELP YOU

Sebelum melakukan proses Registrasi & Sertifikasi, seluruh persyaratan dokumen & legalitas anda mulai dari Izin Dasar hingga Izin Operasional akan kami bantu verifikasi dahulu hingga memenuhi persyaratan perizinan konstruksi, bahkan perizinan operasional lainnya *jika dibutuhkan, sehingga perizinan anda akan dengan MUDAH & CEPAT diterbitkan sesuai peraturan & perundang-undangan terkini.

Andapun siap ikut Tender & JALANKAN PROYEK nya segera 

 

Benefit Menggunakan Layanan Kami 

Kekuatan kami adalah telah berpengalaman sejak tahun 2009, dan kami memiliki portal INFO TENDER PROYEK seluruh Indonesia, sehingga anda akan terhubung dengan 3700 member lainnya dengan cara menjadi 'membership' di www.tender-Indonesia.com.  Andapun akan mendapatkan informasi tender proyek Konstruksi dan sektor lainnya setiap hari dengan sistem ROBOT TENDER. Bukan anda yang mencari proyek, tapi proyek yang mengejar anda ! 


Untuk konsultasi SKA, KTA, SBU & IUJK, cukup sebutkan Domisili, Kode Sub Klasifikasi, & Kualifikasi melalui telp. 021-2124-0890, Marketing kami akan info list persyaratan & jasa konsultan secara transparan !

 

Bagikan artikel ini ke