Proses SKK Kontruksi 1 HARI TERBIT setelah ujian, SBU Jasa Konstruksi 7 HARI TERBIT, ISO 37001 Anti Penyapan 14 HARI TERBIT, IUJP 1 BULAN TERBIT, Bikin PT cuma 4 HARI langsung bisa transaksi..... silakan proses disini TELP. 021-3885-9029

Tanggul Penahan Longsor Kali Gandong Ambles, Dinas PU Magetan: Itu Pergerakan Konstruksi

Diterbitkan pada Hari Kamis, 12 Mei 2022

Tanggul Penahan Longsor Kali Gandong Ambles, Dinas PU Magetan: Itu Pergerakan Konstruksi

Bangunan penahan longsor Sungai Gandong di Jalan Thamrin, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, ambles hingga dua meter. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan Muchtar Wahid mengatakan, bangunan penahan longsor itu ambles karena pergerakan konstruksi.

“Itu pergerakan konstruksi ke arah vertical dan horizontal. Pergerakan ini dikarenakan struktur tanah, beban yang terjadi dan konstruksi yang ada, ada banyak faktor terjadinya displacement,” ujarnya di lokasi amblesnya bangunan penahan longsor Kali Gandong, Selasa (10/05/2022). Muchtar Wahid menambahkan, ada dua trap yang ambles dari bangunan penahan longsor Kali Gandong. Amblesnya dua trap tersebut terjadi karena tanah urug yang mengalami pemadatan masih labil. Apalagi, hujan deras mengguyur wilayah itu beberapa bulan terakhir. “Kalau tinggi 20 meter panjang 10 meter beban per meter tekanan tanah ke samping talud ini 200 ton, terus adanya urukan yang mengalami pemadatan dan hujan masuk,” imbuh Muchtar. Muchtar menyebutkan, penurunan bangunan penahan longsor Kali Gandong masih akan terjadi. Ia memastikan, dua trap di bagian bawah masih aman untuk menahan banjir Kali Gandong. “Konstruksi trap satu dan dua ini masih stabil karena ditanah asli dan ada pancang. Untuk trap tiga dan empat harus ada perbaikan,” katanya.

Dinas PUPR mengaku telah melakukan koordinasi dengan BBWS DAS Solo selaku pemangku  kewenangan terhadap bangunan penahan longsor Kali Gandong. “Ini kewenangan BBWS kemarin sudah ditinjau, BBWS yang akan memperbaiki,” ucap Muchtar Wahid.