Proyek BATU BARA lagi TINGGI, ayoo teman-teman Kontraktor proses IUJP - Izin Usaha Jasa Pertambangan SEKARANG !!!

Pemerintah Siapkan Pelatihan Jahit hingga Konstruksi untuk Warga Sekitar IKN

Diterbitkan pada Hari Senin, 25 Juli 2022

Pemerintah Siapkan Pelatihan Jahit hingga Konstruksi untuk Warga Sekitar IKN

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengungkapkan, pemerintah menyiapkan sejumlah pelatihan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar IKN. Bambang mengatakan, pelatihan itu diberikan supaya penduduk setempat memiliki keterampilan baru untuk meningkatkan kompetensi. "Pelatihan-pelatihan itu banyak sekali, ada pelatihan untuk membuat kue misalnya, ada pelatihan menjahit, ada pelatihan bagaimana nanti mengelola keuangan, dan juga tentu pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan konstruksi," kata Bambang dalam keterangan pers usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan.

Bambang menuturkan, pelatihan-pelatihan itu diberikan supaya masyarakat turut menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan IKN. Ia mencontohkan, pelatihan konstruksi yang disiapkan pemerintah bekerja sama dengan lembaga sertifikasi supaya peserta dapat memiliki keahlian di bidang tersebut. "Sehingga nanti mereka bisa direkrut oleh siapapun yang membangun IKN dan kemudian yang non-konstruksi itu akan berhubungan dengan kegiatan sehari-hari," kata Bambang. Ia menambahkan, pelatihan-pelatihan itu dilakukan pemerintah bekerja sama dengan elemen masyarakat, baik itu lembaga swadaya masyarakat, akademisi, maupun tanggung jawab sosial perusahaan BUMN atau swasta.

Sebelumnya, Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono menyebutkan, pemerintah menyiapkan 28 jenis pelatihan untuk masyarakat di wilayah IKN. Baca juga: Mulai Tahun Depan, Pembangunan Infrastruktur dan Bangunan Inti IKN Dikerjakan Skala Penuh Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan membangun jejaring kerja warga lokal. Sidik pun mengungkapkan, pelatihan ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak pembangunan IKN.

"Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengakuan akan kompetensi yang dimiliki SDM di wilayah IKN melalui uji kompetensi serta sertifikasi. Juga untuk membangun jejaring kerja bagi warga lokal agar mampu berkontribusi optimal ketika tahapan pembangunan IKN dimulai," jelasnya.

Selain mengurus perizinan, tenaga kerja konstruksi yang dipekerjakan pun harus kompeten dan memiliki sertifikat. Salah satunya Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi (SKK Konstruksi). Untuk info lebih lanjut dapat diakses melalui website di https://www.ijintender.co.id/skk-sertifikat-kompetensi-kerja-konstruksi