Proyek BATU BARA lagi TINGGI, ayoo teman-teman Kontraktor proses IUJP - Izin Usaha Jasa Pertambangan SEKARANG !!!

Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Angkat Suara

Diterbitkan pada Hari Kamis, 28 Juli 2022

Pagar Pembatas Tribun JIS Ambruk, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Angkat Suara

Pagar pembatas tribun Jakarta International Stadium (JIS) roboh saat grand launching pada Minggu (24/7/2022) pukul 17.42 WIB. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut robohnya pagar pembatas tersebut dikarenakan antusiasme suporter Persija Jakarta, The Jakmania, yang hendak menyaksikan pertandingan klub idolanya. "Soal pagar (roboh), saya rasa semangatnya (Jakmania) luar biasa tinggi. Dan ini (JIS) kali pertama digunakan," ujar Anies seperti dikutip Kompas.com, Selasa (26/7/2022). 

Terkait hal ini, Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Taufik Widjoyono mengatakan gagal bangunan terjadi jika terdapat kegagalan struktur dan atau fungsi dari bangunan. "Pengertian gagal bangunan jika terjadi kegagalan struktur dan atau fungsi dari bangunan," jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (26/7/2022). Sementara jika terjadi kegagalan bangunan, harus ditentukan penyebab, melakukan perhitungan kerugian, hingga penetapan penanggung jawab. Nah, LPJK akan bertugas atau turun tangan jika terjadi kegagalan bangunan yang sudah selesai dan serah terima akhir kepada pemilik proyek.

"Tugas LPJK berkaitan jika terjadi kegagalan bangunan yang sudah selesai, sudah serah terima akhir atau provisional hand over (PHO) kepada memiliki proyek," tambah Taufik. Lanjutnya, solusi yang paling cepat untuk permasalahan ambruknya pembatas tribun JIS adalah penanggung jawab bangunan melakukan evaluasi teknik. Tujuannya untuk menjawab tiga hal meliputi penyebab, perhitungan kerugian, dan penetapan penanggung jawab. "Dan setelah itu, segera memperbaiki kerusakan strukturnya," tutup Taufik.

Kendati demikian , bangunan roboh bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari bahan yang digunakan maupun kurangnya perhitungan para pekerja ataupun kontraktor. Oleh sebab itu, ada baiknya ketika menjalankan proyek konstruksi, para pekerjanya sudah bisa dipastikan kompeten dibidangnya yang dapat dibuktikan melalui sertifikat. Salah satunya Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi (SKK Konstruksi). Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai SKK Konstruksi, dapat kunjungi webite kami di https://www.ijintender.co.id/skk-sertifikat-kompetensi-kerja-konstruksi