Proses Sertifikasi Teknik Tambang DISINI ! POP, POM dan POU (Pengawas Operasional Pertama, Madya dan Utama) TRAINING CUMA 3 HARI, via Zoom Online. Buruan DAFTAR 021-2984-7482

Optimalkan Penggunaan TKDN, Grup MIND ID Raih Penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022

Diterbitkan pada Hari Senin, 14 November 2022

Optimalkan Penggunaan TKDN, Grup MIND ID Raih Penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022

Grup MIND ID, Mining Industry Indonesia, melalui PT Antam Tbk meraih penghargaan Anugerah Cinta Indonesia 2022 pada Kamis (27/10/2022).

Penghargaan yang digagas Republika tersebut diberikan oleh Wakil Menteri 1 BUMN Pahala Mansury kepada MIND ID selaku BUMN Holding Industri Pertambangan karena telah menerapkan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan sebaik-baiknya.

Menurut Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan, penghargaan ini sebagai bukti nyata bahwa MIND ID terus berupaya optimal dalam menerapkan TKDN di semua lini. MIND ID juga terus berupaya mengoptimalkan penggunaan TKDN untuk kegiatan operasional perusahaan termasuk melalui UKM mitra binaan.

“Perusahaan juga mendorong Anggota MIND ID yang terdiri dari PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk untuk memperhatikan TKDN sesuai dengan arahan Menteri BUMN Bapak Erick Thohir untuk mendukung program Pemerintah dalam penggunaan local content dalam rangka mendorong pertumbuhan industri dalam negeri,” tuturnya.

Saat ini Grup MIND ID telah mencapai TKDN rata-rata sekitar 55 persen. Grup MIND ID juga mengoptimalkan penggunaan TKDN melalui UKM mitra binaan, dengan mendorong agar UMK mitra binaan dapat naik kelas melalui pendekatan kluster di antaranya perdagangan, jasa, industri, pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Program ini dilaksanakan melalui proses seleksi, pendampingan penyusunan rencana usaha, peningkatan kapasitas UMK dan bantuan modal usaha melalui skema Program Pendanaan UMK. “MIND ID juga berupaya mendorong UMKM untuk bisa menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN.

Saat ini kluster UMK yang sudah menjadi pemasok Grup MIND ID diantaranya dari kluster pertanian - perikanan dan industri,” kata Dany. Pada periode tahun 2020-2021 terdapat lebih dari 6.500 Mitra Binaan dan 501 di antaranya telah berhasil menjadi UMK naik kelas. Target UMK Naik Kelas tahun 2022 Grup MIND ID adalah 285 UMK naik kelas.

TKDN merupakan persentase komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa. Hal ini merujuk kepada Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Dengan demikian, Sertifikat TKDN saat ini menjadi salah satu hal yang penting dan harus dimiliki oleh perusahaan baik barang maupun jasa. Informasi mengenai TKDN dapat diakses melalui https://www.ijintender.co.id/tkdn