Proses Sertifikasi Teknik Tambang DISINI ! POP, POM dan POU (Pengawas Operasional Pertama, Madya dan Utama) TRAINING CUMA 3 HARI, via Zoom Online. Buruan DAFTAR 021-2984-7482

Dunia Terapkan Konsep Berkelanjutan di 2030, Tambang Batu Bara Diminta Siap-Siap

Diterbitkan pada Hari Jumat, 30 September 2022

Dunia Terapkan Konsep Berkelanjutan di 2030, Tambang Batu Bara Diminta Siap-Siap

PT Sucofindo mengajak para mitra pelanggan dan pelaku bisnis pertambangan batu bara untuk mengimplementasikan kegiatan pertambangan yang baik dan berkelanjutan (good mining practice).

Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan implementasi good mining practice juga selaras dengan langkah strategis Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey, di mana PT Sucofindo sebagai salah satu anggota, yaitu fokus mewujudkan tata kelola pertambangan yang baik.

“Tentu saja hal ini memberikan kontribusi terhadap Sustainability Development Goals (SDGs), yang terkait dengan Responsible Consumption, di mana tahun 2030 diharapkan pengelolaan hasil alam yang berkelanjutan dan efisien secara global,” kata Mas Wigrantoro saat berbicara pada Coaltrans 2022 di Nusa Dua, Bali, dikutip dari Antara, Rabu (28/9/2022).

Mas Wigrantoro mengatakan bentuk dukungan Sucofindo terhadap good mining Practice pada sektor batu bara adalah dengan memberikan inovasi yang mengutamakan aspek Green Mining.

"Inovasi ini dapat memberikan dampak keberlanjutan pada sektor pertambangan batu bara. Selain itu, layanan ini untuk mendukung penerapan tata kelola pertambangan dan untuk mendorong penurunan emisi karbon dan optimalisasi penggunaan energi baru terbarukan (EBT) di sektor energi," ujarnya.

Layanan Sucofindo terkait hal tersebut, diantaranya adalah sertifikasi ISO 50001:2018 terkait Sistem Manajemen Energi, Lembaga Sertifikasi Produk untuk Produk Hemat Energi (seperti lampu, AC), dan Audit Energi. Termasuk pada industri pertambangan, Sucofindo memberikan layanan terkait Verifikasi Tata Kelola Pertambangan.

Selain itu, BUMN ini memiliki kompetensi bidang Testing, Inspection, and Certification (TIC) di bidang lingkungan, yang dibutuhkan oleh sektor pertambangan mineral dan batubara.

Antara lain validasi dan verifikasi gas rumah kaca, penyediaan Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan (Sparing), Online Monitoring Lingkungan (Onlimo), remediasi, pengelolaan air asam tambang dan verifikasi program mitigasi pengurangan emisi berbasis ISO 14065 dan jasa-jasa lainnya.

“Untuk membantu pelaku usaha dalam menjaga kelestarian lingkungan, kami menyediakan layanan monitoring selama proses penambangan dan pascatambang, serta konsultansi reklamasi pascatambang,” jelas Mas Wigrantoro.

Layanan jasa inspeksi industri pertambangan mineral dan batubara, dilengkapi dengan laboratorium uji terkini serta peralatan yang mumpuni bagi semua pelaku bisnis pertambangan batu bara seperti produsen, buyer, shipper, fasilitator pertambangan, surveyor, pemerintah, serta stakeholder lainnya di sektor minerba.

"Selain itu, peningkatan kapasitas dan kapabilitas peralatan operasional di laboratorium Sucofindo dapat dimanfaatkan oleh industri pertambangan seperti pesawat tanpa awak (UAV) untuk pemetaan wilayah,” jelas Mas Wigrantoro.

Dengan demikian, perusahaan pada sektor pertambangan harus mengikuti perkembangan dan regulasi pada sektor tambang. Salah satunya dengan kepemilikan Izin Usaha Jasa Pertambangan yang sesuai dengan bidang pekerjaan, informasi lebih lanjut dapat diakses melalui https://www.ijintender.co.id/izin-usaha-jasa-pertambangan