SKK Konstruksi lagi MUDAH DIPROSES, mulai Jenjang 6, 7, 8 dan 9.  Buruan DAFTAR 021-2984-7482 -------- PANEN PROSES SBU Jasa Konstruksi, kami bantu LEBIH CEPAT hubungi Fitri (0813.1717.3235)

5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan BUMN Bidang Konstruksi, Banyak Diminati Calon Mahasiswa

Diterbitkan pada Hari Kamis, 12 Januari 2023

5 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan BUMN Bidang Konstruksi, Banyak Diminati Calon Mahasiswa

Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) memiliki perusahaan di bidang konstruksi yang selalu membutuhkan sumber daya manusia terbaru, khususnya fresh graduate dengan jurusan yang sesuai kebutuhan. Apa saja jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut? Berdasarkan hasil penelusuran tim SINDOnews, berikut informasi lengkapnya.

1. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah salah satu jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan BUMN di bidang konstruksi. Contohnya adalah PT PP (Persero) Tbk yang membuka lowongan staf engineer pada September 2022 lalu.  Di Indonesia, ada beberapa kampus yang menyediakan jurusan teknik sipil dengan kualitas terbaik, seperti ITB, UI, dan UGM. Melansir laman resmi ITB, kebutuhan sarjana teknik sipil di Indonesia akan terus meningkat, beriringan dengan semakin masifnya pembangunan infrastruktur. Alumni teknik sipil akan memiliki kemampuan di bidang perencanaan, pelaksana konstruksi, perancang, hingga menjembatani ide antara ranah publik, swasta, dan akademik.

2. Teknik Mesin

Jurusan selanjutnya yang juga sangat dibutuhkan di perusahaan BUMN sektor konstruksi adalah teknik mesin. Pada Agustus 2022 lalu, PT Indah Karya (Persero) membutuhkan lulusan teknik mesin untuk bagian tenaga ahli teknik plambing dan pompa mekanik, tenaga ahli teknik proteksi kebakaran, dan tenaga ahli teknik transportasi dalam gedung. Alumni teknik mesin memiliki berbagai keahlian, seperti pemahaman fisika dan matematika, kemampuan menggambar teknik, kemampuan meneliti, serta kelihaian melakukan analisis.

3. Manajemen

Tidak melulu membutuhkan sarjana teknik, BUMN konstruksi juga membutuhkan pegawai dengan jurusan kuliah manajemen. PT PP (Persero) pada September lalu membuka lowongan pekerajaan untuk staf akuntan, dengan latar belakang pendidikan akuntansi atau manajemen keuangan. Perusahaan BUMN konstruksi lain yang juga membutuhkan alumni jurusan manajemen adalah PT Brantas Abipraya (Persero) untuk posisi manajer humas dan kesekretariatan, pada Januari 2022. Manajemen merupakan program studi yang termasuk dalam ranah bisnis dan ekonomi. Laman Kwik Kian Gie menyebut bahwa fokus utama prodi ini adalah pada kegiatan mengatur, mengelola, dna merencanakan seluruh proses dalam tubuh perusahaan.

4. Psikologi

Psikologi juga masuk dalam daftar jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh BUMN konstruksi. PT PP (Persero), misalnya, membutuhkan sarjana psikologi untuk bagian culture transformation dan HC learning management. Lulusan psikologi pada dasarnya bisa diterima di perusahaan mana saja, karena fokus di bidang penyediaan sumber daya manusia bagi perusahaan. Para lulusannya dibekali pengetahuan terkait penggunaan alat tes, serta mampu menganalisis pola pikir kandidat pegawai. Sehingga, mereka bisa memetakan posisi yang cocok untuk kandidiat.

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara mendasar, jurusan ini ialah jurusan yang mempelajari ilmu komunikasi antar makhluk hidup. Baik manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitar dan juga manusia dengan penciptanya. Jika dihubungkan dengan dunia bisnis, ilmu ini berguna untuk menjalin hubungan yang baik antar perusahaan maupun antar karyawan. Hal ini lah yang membuat para lulusan ilmu komunikasi sering ditempatkan pada bagian HRD. Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan dari jurusan ini termasuk perusahaan BUMN. Dikarenakan ilmunya yang bersifat umum, lulusan dari jurusan ini dapat masuk ke sektor apa saja di perusahaan BUMN seperti sektor perbankan, kontraktor maupun pariwisata.

Dengan demikian, Selain perusahaan BUMN banyak sekali perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang konstruksi yang membutuhkan lulusan tersebut. Karena saat ini peraturan dalam proses pembuatan Izin perusahaan salah satunya Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) harus melampirkan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi. Dalam pengajuan SKK Konstruksi juga memiliki persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya yaitu pendidikan tenaga ahli harus sesuai dengan persyartan yang sudah ditentukan pada Jabatan Kerja yang dibutuhkan. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui https://www.ijintender.co.id/skk-sertifikat-kompetensi-kerja-konstruksi